Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 3 No 2 (2021): NOVEMBER

Peningkatan Hasil Belajar Melalui Teknik Mnemonic pada Pembelajaran Matematika

Halwiah Halwiah (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)
Mardhiah Mardhiah (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)
Ahmad Farham Majid (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)
Andi Dian Angriani (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)
Baharuddin Abbas (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui teknik mnemonic. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Siswa kelas VIIA MTs Muhammadiyah Syuhada Kota Makassar merupakan subjek penelitian ini. Tes hasil belajar dan pedoman observasi merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis deskriptif merupakan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan sebanyak 1,45 yaitu dengan nilai rata-rata hasil belajar matematika setelah penerapan teknik mnemonic pada siklus I adalah 74,55 dan pada siklus II adalah 76. Ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan sebesar 10,70%, ketuntasan pada siklus I sebesar 71,40% dan pada siklus II sebesar 82,10%. Dapat disimpulkan bahwa teknik mnemonic mampu meningkatkan daya ingat siswa dalam belajar sehingga materi yang telah diperoleh sebelumnya tidak mudah dilupakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...