Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 3 No 2 (2021): NOVEMBER

Pengembangan Modul Matematika Berbasis Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Materi Bangun Datar SMP

Andi Kusumayanti (Scopus ID: 57205058556, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Hendra Hendra (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan Modul Matematika Berbasis Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Materi Bangun datar Siswa Kelas VII SMPN 3 Sungguminasa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model 4D. Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap valid dan praktis yang hanya mengukur tingkat kevalidan modul dengan hasil validasi dari validator, mengukur tingkat kepraktisan modul berdasarkan angket respons guru. Tahapannya hanya sampai tahap validasi dan praktis karena selanjutnya akan dilakukan perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk lanjut, dan yang terakhir pembuatan produk secara massal. Namun, tahap selanjutnya tidak dapat dilaksanakan dikarenakan keadaan sekarang adanya Pandemi Covid-19. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respons guru. Berdasarkan hasil Validasi, diperoleh bahwa (1) hasil kevalidan terkait modul dan RPP yaitu 3,4 di mana 3,4 yang berada pada interval 2.5 ≤ M ≤ 3.5 sehingga dikategorikan valid. (2)  kriteria kepraktisan hanya berdasarkan angket respons guru untuk keseluruhan aspeknya berada pada kategori sangat positif dengan persentase 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis model pembelajaran Reciprocal Teaching Materi Bangun datar Siswa Kelas VII SMPN 3 Sungguminasa memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...