Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

HUBUNGAN KENDALA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK.

Weni Jumadi (Teknik Sipil)
Yaumal Arbi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan teknologi, karakteristik pengajar, karakteristik mahasiswa terhadap hasil belajar online pada Mata Kuliah Gambar Teknik. Populasi penelitian ini adalah pengajar Mata Kuliah Gambar Teknik sebanyak 5 orang dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil tahun masuk 2020 sebanyak 63 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan Nonprobability Sampling dengan jumlah populasi pengajar (N) dan mahasiswa (N) 63 pada tarif signifikan (α) 0.05. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan teknologi, karakteristik pengajar, karakteristik mahasiswa terhadap hasil belajar online pada Mata Kuliah Gambar Teknik adalah (1) Pengajar, (a) Teknologi termasuk dalam kategori baik (83.18%), (b) Karakteristik Pengajar termasuk dalam kategori baik (82.22%), maka variabel X1 baik sebesar (82.58%). (2) Mahasiswa, (a) Teknologi termasuk dalam kategori cukup (75.43%), (b) Karakteristik Mahasiswa termasuk dalam kategori cukup (70.12%), maka variabel X2 cukup sebesar (72.78%).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...