Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MEKANIKA TEKNIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG ANGKATAN 2019

Rino Cakra Buana (Universitas Negeri Padang)
Eka Juliafad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Diawal tahun 2020, dunia dihebohkan dengan munculnya virus baru yaitu Corona Virus jenis baru (SARS-CoV-2) dan penyakitnya disebut Coronavirus Disease (COVID-19). Virus ini berasal dari Wuhan, China. Ditemukan pada akhir Desember 2019. Mengikuti kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, perkuliahan di Universitas Negeri Padang dilaksanakan secara online atau daring selama pandemi COVID-19 ini berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah Mekanika Teknik program studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang 2019. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dengan populasi yang berjumlah 65 orang mahasiswa, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang dilihat dari analisis per sub indikator didapatkan hasil cukup baik dari lima indikator dan tidak baik dari satu indikator, hal ini menggambarkan secara garis besar bahwa terdapat pengaruh yang cukup baik dari pembelajaran online Mekanika Teknik ini terhadap hasil belajar mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan UNP angkatan 2019. Dengan perbandingan hasil 5 : 1 antara cukup baik dan tidak baik tentunya tidak akan menjadi masalah yang siginifikan bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran secara online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...