Jendela Pendidikan
Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan

MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALISASI KEGIATAN MORNING ACTIVITY DI KB HARAPAN BUNDA KEBOMAS GRESIK

Adrijanti (Unknown)
Fahimatul Anis (Unknown)
Nova Nur Fajarriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Model kepemimpinan dapat mempengaruhi pendidikan di sekolah. Dengan kepemimpinan yang efektif maka akan mampu mendorong pendidikan ke arah yang lebih baik, kegiatan pagi (morning activity) perlu dilakukan guna pembiasaan aspek-aspek perkembangan anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalisasi kegiatan morning activity di KB Harapan Bunda Kebomas Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang bermaksud untuk menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan berbagai cara melibatkan berbagai metode yang ada. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles and Huberman yakni teknik analisis data yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin telah mengikut sertakan seluruh bawahannya dalam pengambilan keputusan berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat dan memberikan sebagian kepemimpinannya kepada guru, sehingga para guru merasa turut bertanggung jawab terhadap pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran di sekolah. 2) Kepala sekolah dengan model kepemimpinan demokratis telah memberikan peluang setiap guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, dan melakukan bimbingan dan pelatihan termasuk pencapaian efektifitas program morning activity di KB Harapan Bunda.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JendelaPendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau ...