Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 11 No. 1 (2022): DIDAKTIKA Februari 2022

Pemanfaatan Teknologi dalam Membuat Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Hasriadi (IAIN Palopo)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Artikel ini membahas tentang pemanfaatan teknologi dalam membuat media pembelajaran pendidikan agama islam yang berkaitan penggunaan media dalam pembelajaran, perangkat teknologi dalam media pembelajaran dan klasifikasi teknologi berdasarkan karakteristik media pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu pendekatan pustaka (library research) yang sumbernya berasal dari buku atau jurnal. Teknik pengumpulan data bersumber dari buku dan jurnal dikumpulkan kemudian di reduksi untuk menarik sebuah kesimpulan. Dalam penggunaannya media memiliki landasan, ada beberapa, yaitu: landasan filosofis, psikologis, teknologis dan empiris. Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran haruslah memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media. Dengan memperhatikan berbagai prinsip maka akan tercipta pembelajaran yang aktif dan efektif. Prinsip-prinsip penggunaan media pembelajaran, yaitu: pertama, harus memperhatikan jenis dari media yang akan digunakan, kedua ketepatan antara bahan ajar dengan jenis media yang digunakan, ketiga penggunaan media juga harus melihat penggunaan waktu yang akan digunakan selama proses pembelajaran. Klasifikasi teknologi dalam media pembelajaran menggambarkan masing-masing alat yang berbeda atau alat dari media yang berbeda satu sama lain, tergantung pada tujuan dan maksud dari pengelompokannya. Sedangkan karakteristik media pembelajaran dapat diketahui melalui evaluasi penggunaan media dan pengendalian pengguna.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...