Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 4 No 1 (2021): Sustainable

Problematika Pembelajaran Daring

Heldia Oldia Lestari (IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung)
Dinar Pratama (IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2021

Abstract

Pandemi covid-19 yang berdampak pada bidang pendidikan telah merubah proses pembelajaran dari tatap muka ke pembelajaran daring. Terdapat beberapa hal penting untuk dicermati dalam pembelajaran daring yaitu: pertama, untuk memahami bagaimana orang tua siswa di Kecamatan Namang menyikapi pembelajaran daring, kedua, mengetahui pendapat siswa mengenai pembelajaran daring, ketiga, memahami keterbatasan pengetahuan dan fasilitas internet sebagai kendala dalam pembelajaran daring. Penelitian Ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Orang tua yang memiliki anak usia SD, SMP, dan SMA, di Kecamatan Namang setuju dengan kebijakan pembelajaran daring (2) Siswa SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Namang menganggap kurang efektif pembelajaran daring. (3) Keterbatasan pengetahuan dan fasilitas internet menjadi kendala utama dalam pembelajaran daring. Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk memahami kendala dan tingkat pengetahuan orang tua dan siswa dalam menggali informasi dari informan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...