Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
Vol 4, No 1 (2021): November

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BENGKEL SEPEDA MOTOR ATC-ASC JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNY

Swastika Fahmi Wijaya (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan bengkel terhadap kualitas jasa servis di bengkel sepeda ATC-ASC Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan bengkel sepeda motor ATC-ASC Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY yang berjumlah 35 orang, yang diambil menggunakan incidental sampling. Teknik analisis data ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang disajikan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pelanggan terhadap kualitas jasa servis berada pada kategori “sangat baik” sebesar 34% (12 orang), “baik” sebesar 28,57% (10 orang), “cukup” sebesar 31,40% (11 orang), “kurang” 2,85% (1 orang), dan “sangat kurang” 2,85% (1 orang). Berdasarkan nilai nilai rata-rata kepuasan yaitu 83,71% tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas jasa servis bengkel sepeda motor ATC-ASC Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY dalam kategori “baik”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpvo

Publisher

Subject

Humanities Automotive Engineering Education Energy Transportation

Description

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif dipublikasikan dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November oleh Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif bertujuan untuk mempromosikan secara komprehensif kajian teoritik dan empirik ...