Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) efektifitas penggunaan media quizizz fitur gamefikasi melaui daring pada pembelajaran PSPTKR materi kopling dan transmisi ditinjau dari hasil belajar peserta didik (2) respon peserta didik terhadap penggunaan media quizizz fitur gamefikasi. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 104 peserta didik kelas XI TKR. Penelitian ini menggunakan instrumen (1) tes ulangan quizizz (2) kuesioner peserta didik (3) lembar pedoman wawancara sebagai pendukung hasil kuesioner respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) dilihat dari kenaikan hasil belajar peserta didik selama menggunakan media quizizz fitur gamefikasi mata pelajaran PSPTKR materi kopling dan transmisi dimana sebanyak 80% siswa tuntas KBM materi kopling dan sebanyak 88,54% siswa tuntas KBM materi transmisi. Sehingga penggunaan media quizizz fitur gamefikasi sangat efektif diterapkan pada pembelajaran daring. (2) respon peserta didik terhadap penggunaan media quizizz fitur gamefikasi dengan hasil siswa mengalami kemudahan dalam pemahaman materi, tidak membosankan, dapat meningkatkan motivasi belajar dan membuat siswa dapat berfikir kritis dengan presentase secara keseluruhan yaitu sebesar 69%.
Copyrights © 2021