Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
Vol 4, No 1 (2021): November

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ FITUR GAMEFIKASI MELALUI DARING PADA PEMBELAJARAN PSPTKR MATERI KOPLING DAN TRANSMISI DI SMK N 2 WONOSARI

Jumanto Jumanto Jumanto (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) efektifitas penggunaan media quizizz fitur gamefikasi melaui daring pada pembelajaran PSPTKR materi kopling dan transmisi ditinjau dari hasil belajar peserta didik (2) respon peserta didik terhadap penggunaan media quizizz fitur gamefikasi. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.  Subjek penelitian  ini  adalah 104  peserta didik  kelas  XI TKR. Penelitian ini menggunakan instrumen (1) tes ulangan quizizz (2) kuesioner peserta didik (3) lembar pedoman wawancara sebagai pendukung hasil kuesioner respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) dilihat dari kenaikan hasil belajar peserta didik selama menggunakan media quizizz fitur gamefikasi mata pelajaran PSPTKR materi kopling dan transmisi dimana sebanyak 80% siswa tuntas KBM materi kopling dan sebanyak 88,54% siswa tuntas KBM materi transmisi. Sehingga penggunaan media quizizz fitur gamefikasi sangat efektif diterapkan pada pembelajaran daring. (2) respon peserta  didik terhadap penggunaan media quizizz fitur gamefikasi dengan hasil siswa mengalami kemudahan dalam pemahaman materi, tidak membosankan, dapat meningkatkan motivasi belajar dan membuat siswa dapat berfikir kritis dengan presentase secara keseluruhan yaitu sebesar 69%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpvo

Publisher

Subject

Humanities Automotive Engineering Education Energy Transportation

Description

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif dipublikasikan dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November oleh Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif bertujuan untuk mempromosikan secara komprehensif kajian teoritik dan empirik ...