Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran
Vol 3 No 2 (2021)

PENCEGAHAN RADIKALISME DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Jimi Harianto (STKIP Al Islam Tunas Bangsa)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Tulisan ini akan membahas tentang peran pendidikan agama Islam di sekolah dalam membentuk karakter peserta didik. Dalam pendidikan sekolah khususnya pengajar/pendidik berkomitmen mencegah masuknya radikalisme dalam kalangan pelajar-pelajar di sekolah dengan adanya Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu pilar pendidikan karakter yang paling utama. Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika dimulai sejak dini pada anak, oleh karena itu materi PAI disekolah menjadi salah satu penunjang pendidikan karakter. Melalui pembelajaaran PAI siswa diajarkan aqidah sebagai dasar keagamaannya, diajarkan Al-Qur'an dan hadits sebagai pedoman hidupnya, diajarkan fiqih sebagai rambu-rambu hukum dalam beribadah, mengajarkan sejarah Islam sebagai sebuah keteladan hidup, dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman prilaku manusia apakah dalam kategori baik ataupun buruk. Oleh sebab itu, tujuan utama dari Pembelajaran PAI adalah pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, langkah yang harus dilakukan adalah mengisi ekstrakurikuler siswa siswi dengan kegiatan positif dan berkarakter pancasila. Keberhasilan pembelajaran PAI disekolah salah satunya juga ditentukan oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hepi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Evaluasi dan Pembelajan is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: program/policy evaluation, learning assessment, instrument development, educational measurement, ...