Jurnal Ilmiah Matematika Realistik
Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Matematika Realistik

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Nia Jusniani (Universitas Suryakancana Cianjur)
Lenti Nurmasidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran generatif dan menggunakan model pembelajaran biasa, serta untuk mengetahui sikap siswa menggunakan model pembelajaran generatif. Desain penelitian ini adalah desain kelompok kontrol pretes-postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran biasa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangtengah. Adapun yang di jadikan sampel dalam penelitian ini di pilih sebanyak 2 kelas dari sebelas kelas yang ada, dipilih dengan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan data hasil penelitian, digunakan instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket sikap siswa. Pengolahan data pencapaian kemampuan komunikasi matematis menggunakan persentase hasil nilai postes siswa sedangkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis menggunakan Mann-Whitney dan sikap siswa menggunakan persentase jawaban angket setiap siswa. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran generatif dengan kategori rendah, sedangkan pencapaian kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan pembelajaran biasa dengan kategori sangat rendah. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran generatif lebih baik daripada kemampuan komunikasi siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran generatif sebagian besar positif. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendidikanmatematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

JI-MR: Jurnal Ilmiah Matematika Relistik is a scientific journal published by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. Focus of this journal is to publication of research results, result of studies and development ideas in the field of ...