MAGISTRA
Vol 23, No 78 (2011): Magistra Edisi Desember

PRESTASI AKADEMIK DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING AND MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN

Suryani, Yulinda Erma (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2011

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara self-regulated learning dengan prestasi akademik Universitas Widya Dharma Klaten ; 2) hubungan antar motivasi berprestasi dengan prestasi akademik mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten; 3) hubungan antara self-regulated learning dan motivasi berprestasi dengan prestasi akademik mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten; 4) besar sumbangan variabel self-regulated learning dan motivasi berpresentasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik parametric. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) koefisien korelasi (r) antara self regulated learning dengan prestasi belajar sebesar 0,020 dengan p = 0,744. Hal ini berarti tidak ada hubungan antara self regulated learning dengan prestasi belajar; (2) koefisien korelasi (r) antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar sebesar 0,023 dengan p = 0,704. Hal ini berarti tidak ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar; (3) koefisien relasi (r) antara self regulated learning dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar sebesar 0,004 dengan p – 0,342. Hal ini berarti tidak ada hubungan antara self regulated learning dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar; (4) sumbangan efektif variabel self regulated learning dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten sebesar 0,016%.   Kata kunci : self-regulated learning, motivasi berprestasi, prestasi akademik.

Copyrights © 2011