Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dukungan sosial orang tua dalam pembelajaran daring di era new normal dilihat dari: 1) Dukungan emosional. 2) Dukungan Instrumental. 3) Dukungan Informasi . 4) Dukungan Penghargaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif.Populasi penelitian adalah 217 mahasiswa yang dipilih dengan teknik propotional random sampling dengan 141 partisipan.Instrumen yang digunakan yaitu angket.Sedangkan untuk analisis data menggunakan klasifikasi persentase.Berdasarkan hasil penelitian tentang dukungan sosial orang tua dalam pembelajaran daring di era new normal Tergambar Bahwa: 1) Dukungan emosional berada pada kategori cukup tinggi. 2) Dukungan instrumental berada pada kategori sangat tinggi. 3) Dukungan Informasi berada pada kategori cukup tinggi. 4) Dukungan penghargaan berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada mahasiswaagar mampu meningkatkan kegigihan dan antusias untuk mengikuti belajar daring dimasa pandemi sehingga orangtua juga termotivasi dalam memberikan dukungan ketika mahasiswa mengalami kesulitan saat pembelajaran daring
Copyrights © 2021