MAGISTRA
Vol 23, No 76 (2011): Magistra Edisi Juni

EVALUATING LECTURER’S ACADEMIC PERFORMANCE OF COKROAMINOTO UNIVERSITY OF YOGYAKARTA

Sumekto, Didik Rinan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan persepsi kinerja dosen ditinjau dari (1) penguasaan materikuliah, (2) manajemen kelas, (3) komunikasi dosen dan mahasiswa dalam proses belajar-mengajar, dan (4)kemampuan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.Populasi  penelitian  ini  adalah  seluruh  mahasiswa  di  Universitas  Cokroaminoto  Yogyakarta  yangberjumlah 1.442 orang dan sampel penelitian ini sebanyak 187 orang yang ditentukan dengan menggunakanrumus Cohen. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulandata dilakukan dengan menggunakan angket dengan 5 skala Likert Summited Rating Scale yang digunakanuntuk mendapatkan data kinerja dosen, penguasaan materi kuliah, manajemen kelas, komunikasi dosen danmahasiswa dalam proses belajar-mengajar, dan kemampuan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana dan analisis regresiganda dengan taraf signifikansi 0,05.Persepsi mahasiswa berdasarkan penguasaan materi kuliah, manajemen kelas, komunikasi dosen danmahasiswa  dalam  proses belajar-mengajar,  dan  kemampuan mengevaluasi  proses dan  hasil  pembelajaransecara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen (F = 17,676; R² = 0,280; p <0,000). Kontribusi keefektifannya sebesar 28,0%, sehingga 72,0% masih dipengaruhi oleh variabel di luarpenelitian ini. Hasil analisis linier menunjukkan pengaruh positif dan signifikan penguasaan materi kuliahterhadap kinerja dosen secara parsial (t = 2,800; p = 0,006). Manajemen kelas menunjukkan pengaruh positifdan signifikan terhadap kinerja dosen secara parsial (t = 3,220; p = 0,002). Komunikasi dosen dan mahasiswadalam proses belajar-mengajar menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen secaraparsial (t = 3,609; p = 0,000). Kemampuan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran menunjukkan pengaruhpositif dan signifikan terhadap kinerja dosen secara parsial (t = 2,745; p = 0,007). Hasil analisis persamaanregresi ganda yang diperoleh dengan cara bertahap (stepwise) adalah Y = 12,490 + 0,223X1 + 0,186X2 +0,236X3 + 0,136X4.Kata Kunci : Kinerja dosen, penguasaan materi kuliah, manajemen kelas, komunikasi, evaluasi pembelajaran

Copyrights © 2011