Padaringan : Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi
Vol 4, No 1 (2022): Januari 2022

PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ILMI KOTA BANJARBARU

Rosa Nurafifah Surono, Yunita Lestari (Program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Antasari)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2022

Abstract

Era globalisasi ini, penggunaan gawai dikalangan masyarakat Indonesia bahkan hingga masyarakat dunia. Hal tersebut dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi digital dan internet yang semakin maju. Saat ini, pengguna gawai dan internet di Indonesia sudah cukup tinggi diberbagai belahan dunia. Pada era digital sekarang ini, penggunaan gawai pada anak semakin sulit untuk dihindari dan dipungkiri. Mengingat tuntutan perkembangan zaman semakin maju dan berkembang akan penguasaan teknologi yang kemudian membuat orang tua untuk terdorong mengenalkan kepada anak dengan teknologi sejak dini. Tetapi, di sisi lain penggunaan gawai tanpa arahan dan batasan dapat menyebabkan anak mengalami kecanduan yang kemudian menyebabkan anak kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar karena lebih senang bermain gawai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 35 responden yang terdiri dari siswa sekolah dasar di MI Darul Ilmi Banjarbaru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Siswa di MI Darul Ilmi berkata baik walaupun sedang marah, Siswa mampu bersosialisasi dan berinteraksi dengan baik walaupun sedang marah, siswa mampu mengendalikan emosi cukup baik, selain itu siswa mampu terbuka secara sosial dengan baik kepada temannya hal ini terlihat dalam interaksi siswa pada kehidupan sehari-hari. Dari hasil pada grafik respon siswa ditarik kesimpulan jika gawai berpengaruh buruk namun tidak signifikan. Hal ini dikarekan dalam penggunaannya di awasi oleh orang tua sehingga anak masih bisa melakukan kegiatan lain selain mengguanakan gawai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

padaringan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Padaringan adalah Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari,Mei,dan September) oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi yang memuat tentang aspek : (1) Hasil Penelitian,(2) Opini, resensi buku maupun info pendidikan, sosiologi serta ...