Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan apakah terdapat pengaruh antara pendekatan interaktif kelas terahadap peningkatan hasil pembelajaran warga belajar di Sanggar Kegiatan belajar Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan hubungan kausal dimana terdapat variabel bebas dan terikat. Teknik analisis data melalui uji normalitas, uji validitas, teknik sampling dan uji persyarata analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil uji analisis regresi yang menunjukan bahwa nilai signifikan t hitung lebih kecil dari alpha dan nilai uji t hitung lebih besar dari t tabel sehingganya H0 ditolak dan H1 diterima atau interaktif tutor memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil pembelajaran. Untuk pengaruh interaktif kelas (X) adalah sebesar 0,000 < 0.05 dan t Hitung5,075> t tabel 1,701 , .Dengan demikian hipotesis uji t untuk Ha (variabe linteraktif kelas) berpengaruh. Dengan demikian hipotesis pertama (Ha) dapat dibuktikan atau diterima.
Copyrights © 2021