Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 5, No 1 (2022): April

Analisis Kualitas Lembar Kerja Praktikum (LKP) Biologi Pada Materi Sistem Respirasi di SMA Kota Padang Berdasarkan Diagram Vee

Hastika, Asyah Dwi (Unknown)
Fuadiyah, Sa’diatul (Unknown)
Darussyamsu, Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Lembar Kerja Praktikum (LKP) merupakan pedoman yang berisi petunjuk atau tata cara yang mengarahkan siswa dalam melaksanakan suatu kegiatan praktikum/laboratorium. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan, peredaran dan penggunaan LKP sebagai petunjuk kegiatan praktikum terdapat permasalahan, khususnya pada materi sistem respirasi. Pelaksanaan praktikum cenderung tidak bermakna dikarenakan LKP yang digunakan hanya menuntun peserta didik merekam data tanpa rasa yang jelas mengenai tujuan dari penyelidikan yang mereka lakukan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas penyusun LKP yang digunakan di SMA N 4 Padang pada materi sistem respirasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dengan jumlah 4 LKP yang bersumber dari buku cetak dan LKS di SMA N 4 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah diagram Vee (yang dikembangkan Novak & Gowin, 1984). Data penelitian kemudian diuji coba dan dianalisis untuk melihat kualitasnya berdasarkan komponen diagram Vee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentasi kelengkapan komponen diagram Vee pada LKP biologi kelas XI pada materi sitem respirasi di kota Padang yaitu 75 % dengan kategori cukup lengkap. Dan rata-rata skor diagram Vee pada LKP yang diteliti adalah 48,75% dengan kategori cukup baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...