Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 4, No 3 (2021): October

Instrumen Alat Ukur Pengetahuan Konseptual Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Putri, Ari Anggreni (Unknown)
Widiana, I Wayan (Unknown)
Suranata, Kadek (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2021

Abstract

Masih banyak guru yang kesulitan dalam membuat instrument penilaian yang baik. Selain itu, soal-soal yang digunakan guru hanya untuk mengukur hasil belajar dan menilai pemahaman siswa saja daripada pada penguasaan pengetahuan konseptual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan instrumen penilaian konseptual pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu R&D (Research and Development). Model yang digunakan untuk mengembangkan instrumen adalah model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini yaitu ahli instrumen penilaian yang berjumlah 5 orang. Subjek uji coba yaitu siswa kelas IV SD yang berjumlah 95 siswa. Metode untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Observasi serta wawancara digunakan untuk mengetahui permasalahan yang ada. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu Berdasarkan hasil uji validitas isi nilai yang didapatkan yaitu CVR 1,00 sehingga masuk kedalam katagori valid. Pengembangan instrumen ini menunjukkan tingkat instrumen  yang baik dilihat dari hasil validitas dan reliabilitas yang tinggi sebesar 0,80. Dapat disimpulkan bahwa instrument penilaian kemampuan konseptual pada siswa layak digunakan oleh guru. Implikasi penelitian ini yaitu Instrument pengetahuan konseptual dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada siswa terhadap pengetahuan konseptual.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...