Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL)
Vol 2 No 3 (2022): Vol 2 Issue 3 (2022)

Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMK N 1 Padang Gelugur

Linda Maulida Marini (Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Sufyarma Marsidin (Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Nelfia Adi (Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Rifma Rifma (Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh informasi dan menggambarkan tentang kompetensi pedagogik guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa SMK N 1 Padang Gelugur yang berjumlah 426 orang, dengan besar sampel 81 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen dari penelitian ini berupa kuesioner model Skala Likert. Sebelum digunakan, kuesioner tersebut terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Bahan yang terkumpul diolah dengan mencari nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik dilihat dari (1) Pemahaman terhadap siswa memperoleh jumlah rata- rata 4,0 dengan kriteria baik. (2) Perencanaan pembelajaran mencapai nilai rata- rata 3,9 dengan kriteria baik. (3) Pelaksanaan Pembelajaran mendapatkan skor rata- rata 4,1 dengan kriteria baik. (4) Penilaian atau evaluasi hasil belajar mendapatkan nilai rata- rata 4,3 pada kriteria sangat baik. (5) Tindak lanjut hasil belajar memperoleh skor rata- rata 3,3 dengan kriteria cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru di SMK N 1 Padang Gelugur berada pada kriteria baik dengan skor rata-rata 4,0. Hal ini perlu diperhatian untuk meningkatkan kemampuan guru supaya aktivitas belajar mengajar bisa dilaksanakan sinkron dengan rencana dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jeal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences Other

Description

Ruang Lingkup pembahasan Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) yaitu perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, pengawasan pendidikan, kepemimpinan, manajemen sekolah, administrasi sekolah, manajemen sumber daya manusia, komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, ...