AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI
Vol. 2 No. 2 (2021): AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI

Pengelolaan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama pada Masa Pandemi Covid-19

Rofiqoh Firdausi (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)
Nanik Ulfa (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Character education in madrasah is important to be developed continuously. Madrasah as formal educational institutions are the ideal generation of the nation. The teacher has a very strategic position in building the character of students. In order for the management of character education in madrasah to be optimal, effective and efficient, effective and efficient management activities are needed as well. Character education is very important for students. Therefore, even though currently during the Covid-19 pandemic, character education must still be conveyed to students. The purpose of this study is to analyze the character education management model in madrasas during the pandemic. This research uses a descriptive analysis method with a qualitative approach and library data sources. The results of this study are that the character education management model in madrasas during the pandemic can be implemented by: First, collaboration between madrasas and parents of students must be continuously woven, strengthened, and increased in intensity and quality. Second, the use of information and communication technology (ICT) is an instrument for learning value based on character, and can be used as best as possible to develop the attitudes of students. The third Problem Based Learning (PBL) builds a sense of responsibility and makes students not easily bored in online learning because it builds motivation in obtaining solutions to the problems at hand. Pendidikan karakter di madrasah penting untuk dikembangkan secara terus-menerus. Madrasah sebagai lembaga pendidikan formal merupakan pencetak generasi bangsa yang ideal. Guru memiliki posisi yang sangat strategis dalam membangun karakter peserta didik. Agar pengelolaan pendidikan karakter di madrasah dapat optimal, efektif, dan efisien, maka diperlukan kegiatan manajemen yang efektif dan efisien pula. Pendidikan karakter sangat penting bagi peserta didik. Oleh karena itu meskipun sekarang ini dalam masa pandemi Covid-19 pendidikan karakter tetap harus tersampaikan ke peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis model pengelolaan pendidikan karakter di madrasah pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan sumber data kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah bahwa model pengelolaan pendidikan karakter di madrasah pada masa pandemi dapat dilaksanakan dengan cara: Pertama kolaborasi antara madrasah dengan orang tua siswa harus terus-menerus dijalin, dipererat, dan ditingkatkan intensitas dan kualitasnya. Kedua pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ѕеbаgаі ѕаrаnа untuk pembelajaran nіlі-nіlаі dаѕаr реndіdіkаn karakter, dаn dараt dіmаnfааtkаn sebaik-baiknya untuk mengembangkan krеаtіvіtаѕ peserta didik. Ketiga Problem Based Learning (PBL) membangun rasa tanggung jawabdan menjadikan siswa tidak mudah jenuh dalam belajar online karena terbangun motivasi dalam memperoleh pemecahan masalah yang dihadapi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

aksel

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI (ISSN Online:2723-0740, ISSN Cetak: 2723-0643) adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat ...