Pendidikan adalah suatu proses untuk memanusiakan manusia, penanaman nilai-nilai agama dalam setiap prosesnya suatu keharusan untuk mengimbangi dampak negatif dari arus globaliasi dan kemajuan IPTEK, tentu saja penanaman nilai-nilai agama tersebut harus dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan khususnya pembiasaan yang dilakukan diluar jam pelajaran PAI di sekolah. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui 1) pelaksanaan pembelajaran PAI di luar jam pelajaran dan 2) proses pengawasan pembelajaran PAI di luar jam pelajaran dalam rangka penanaman nilai-nilai keagamaandi SMK Bina Madina Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, mempresentasikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan 1) Pelaksanaan pembelajaran PAI di luar jam pelajaran diantaranya: doa bersama dan pembacaan surat-surat pendek (Ad-dhuha-An-nas) sebelum pembelajaran dimulai, mengedepankan budaya senyum dan salam sapa, shalat dhuha berjamaah, Shalat dzuhur berjamaah, doa dan dzikir selesai shalat, Sanhani (Santapan Rohani) dan pesantren ramadhan, 2) Pengawasan dilakukan dengan memberikan komentar terhadap perilaku yang ditampilkan siswa maupun memberikan contoh suatu perbuatan kepada siswa, dan memberlakukan sistem absensi yang telah di sediakan serta komunikasi yang intensif antara guru dengan orang tua/wali siswa siswa terkait perilaku siswa selama di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018