Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan upaya-upaya Madrasah Aliyah Nurul Huda Paowan Panarukan Situbondo dalam menerapkan pendidikan untuk membentuk karakter siswa dalam menyerap dan mengaplikasikan nilai-nilai agama yang mengutamakan keimanan, di mana keimanan menjadi fokus utama sebagai bentuk pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskripstif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, pengamatan dan dokumentasi terhadap segala kegiatan dan upaya yang dilakukan Madrasah Aliyah Nurul Huda Dalam Membentuk Karakter siswanya. Penelitian ini dilakukan selama satu semester untuk melihat secara utuh potret kegiatan siswa, efektifitas kegiatan dan keterlibatan semua guru dalam membentuk karakter siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa banyak upaya-upaya Madrasah Aliyah Nurul Huda Paowan Panarukan Situbondo, sudah sangat maksimal. Segala bentuk kegiatan dilaksanakan secara konsisten dan penuh pengawasan. Segala kegiatan memiliki referensi yang dirujuk dari beberapa literasi-literasi klasik di-era Salafus Shalih. Semua bentuk upaya kegiatan lebih menekankan religiuitas dengan memanfaatkan dukungan lingkungan dan sarana prasarana pesantren sehingga memiliki efektifitas yang tinggi.
Copyrights © 2018