Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 2 (2020): Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam

PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN MUMBULSARI

Ida Andriani (https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id)
Ike Yama Agustina (STIT Al- Ishlah Bondowoso)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2021

Abstract

Peran kepala madrasah begitu komplek, salah satunya peran kepala madrasah sebagai Supervisor, dalam hal ini peran tersebut mencakup supervisi pada aktivitas disekolah salah satunya pada pelaksanaan pembelajaran sains berbasis Al-Qur’an, yang terdapat di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Mumbulsari. Kontekstualisasi Peran kepala madrasah sebagai Supervisor tersebut berhubungan dengan supervisi pada, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada pembelajaran sains berbasis Al-Qur’an.Fokus dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana peran kepala madrasah sebagai Supervisor dalam mendesains Pembelajaran Sains berbasis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Mumbulsari?,(2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai Supervisor dalam pelaksanaan Pembelajaran Sains berbasis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Mumbulsari ?,(3) Bagaimana peran kepala madrasah dalam evaluasi Pembelajaran Sains berbasis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Mumbulsari Dalam mencapai tujuan penelitian maka metode yang digunakan adalah dengan Pendekatan kualitatif fenomenologis, adapun jenis penelitiannya studi kasus (case study), data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder sedangkan dalam memilih dan menentukan informan dalam penelitian ini, menggunakan tehnik purpossive sampling dan tehnik snowball sampling. Untuk pengumpulan data menggunakan prosedur,Wawancara mendalam (indepth interview), pengamatan peran serta (participant observation), dan dokumentasi. Selanjutnya dalam menganalisis data digunakan tekhnik analisis data kualitatif deskriptif, dangan langkah-langkah: (a), reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) penarikan kesimpulan. Sedangkan pengujian keabsahan data melalui, Presistent Observation, Triangulasi sumber, Peerderieting Kedua, Peran kepala madrasah sebagai Supervisor dalam pelaksanaan Pembelajaran Sains berbasis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Mumbulsari.dilakukan dengan cara 1). Kontrol kepala sekolah terhadap KBM, 2). Mengontrol disiplin guru, 3). observasi ke Kelas-kelas melalui Kunjungan-kunjungan kesetiap kelas yang ada,4). Penyeleksian sumber materi pelajaran Sanis.Ketiga, Peran kepala madrasah dalam evaluasi Pembelajaran Sains berbasis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Mumbulsari 1). Evalusi pelaksanaan pembelajaran sains Al-qur’an melalui rapat-rapat dan diskusi langsung dengan bawahanya, proses evaluasi yang di laksanakan menggunakan berbagin cara, diantaranya mendengarkan keluhan-keluhan secara langsung tentang kendala-kendala yang di alamai oleh sekolah serta kebutuhan-kebutuhan guru terkait pelaksanaan proses pendidikan di sekolah 2). Evaluasi terhadap perencanan dan pelesanaan pembelajaran.

Copyrights © 2020