Dunia pendidikan saat ini sedang dihadapkan pada permasalahan besar yaitu penyebaran virus COVID 19. Para guru dan dosen dituntut untuk tidak melakukan pembelajaran secara tatap muka di karenakan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Oleh karena itu, diperlukan sebuah strategi dan metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini berjudul Pengaruh Metode Group Investigation Menggunakan Pembelajaran Online Dalam Pembelajaran Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa di MA Ziadatussyakirin NW Sikur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode Group Investigation dalam pembelajaran bahasa Inggris online khususnya pada kemampuan Reading terhadap hasil belajar siswa di MA Ziadatussyakirin NW Sikur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra eksperimen. Metode penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen sekaligus kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MA NW Sikur tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian populasi karena semua anggota populasi pada penelitian ini menjadi sampel dikarenakan jumlah kelasnya hanya satu rombel. Sehingga sampel penelitian ini adalah 36 siswa di MA Ziadatussyakirin NW Sikur. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes berupa soal pilihan ganda yang diambil dari materi yang telah dipelajarinya dan hasil tes tersebut kemudian dihitung dengan menggunakan statistik deskriptif, statistik inferensial dan pengujian hipotesis untuk melihat sejauh mana keberhasilan metode tersebut. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara pre-test dan post-test yaitu 59,4 dan 68,0 dan hasil pengujian hipotesis signifikan pada = 0,000, artinya hipotesis nol ditolak (Ho) dan hipotesis alternatif diterima (Ha). Artinya ada pengaruh metode Group Investigation dalam pembelajaran membaca pada siswa kelas XI MA Ziadatussyakirin NW Sikur tahun ajaran 2021-2022.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021