Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 6, No 4 (2021): Jurnal Peneltian Pendidikan Fisika, Vol. 6, No. 4, November 2021

Pengembangan E-Modul Model CinQASE Berbantuan Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Hukum Newton Kelas X SMA

Afnesia, Shinta (Unknown)
Hunaidah, Hunaidah (Unknown)
Sukariasih, Luh (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan layanan professional guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di sekolah sesuai dengan kemajuan teknologi untuk membekali peserta didik dengan sejumlah keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul model CinQASE berbantuan flip pdf professional untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hukum Newton kelas X SMA yang valid, praktis dan efektif. Instrumen penelitian terdiri dari soal pretest-posttest, lembar validasi, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Jenis penelitian ini adalah research and development (R & D) dengan model penelitian 4D (define, design, develop, dan disseminate). Hasil penelitian diketahui: 1) hasil validasi oleh tiga validator ahli pendidikan terhadap e-modul model CinQASE berbantuan flip pdf professional dinyatakan valid dari segi konstruk dan segi isi dengan skor rata-rata 0,84 berkategori sangat valid sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan pembalajaran. 2) kepraktisan e-modul model CinQASE berbantuan Flip Pdf Professional diukur dengan angket respon peserta didik dan guru. Angket respon peserta didik menunjukkan skor rerata untuk uji coba terbatas dan uji coba luas yang diperoleh sebesar 71% yang termasuk dalam kategori baik dan 93% yang termasuk dalam kategori sangat baik dan angket respon guru menunjukkan skor rerata uji coba terbatas dan uji luas diperoleh hasil rata-rata 4,66 dan 4,73 dengan kategori Sangat Baik sehingga e-modul praktis untuk digunakan dalam pembelajaran disekolah. 3) keefektifan e-modul model CinQASE berbantuan flip pdf professional ditinjau dari soal pretest-posttest memperoleh kriteria nilai NGain uji terbatas 0,494 dengan kategori sedang dan NGain uji luas 0,711 dengan kategori tinggi sehingga efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...