Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 6, No 2 (2021): Volume 6 Nomor 2 Edisi Oktober 2021

KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Farida Herna Astuti (Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika, Mataram, NTB, Indonesia)
Ichwanul Mustakim (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Motivasi memegang peranan yang penting dalam proses belajar. Apabila guru dan orang tua dapat memberikan motivasi yang baik pada siswa atau anaknya, maka dalam diri siswa atau anak akan timbul dorongan dan hasrat untuk belajar lebih baik. tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Metode menggunakan desain penelitian one group pree test dan post test design. hasil perhitungan dengan menggunakan rumus diperoleh nilai t-hitung untuk kelompok ekperimen sebesar 27.399, sedangkan nilai t-tabel dengan db = 8-1= 7 dan taraf  signifikansi 5% adalah sebesar 2.365, yang berarti nilai t-hitung lebih besar dari  t-tabel (27.399 > 2.365). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam penerapannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...