Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 6, No 2 (2021): Volume 6 Nomor 2 Edisi Oktober 2021

PENGARUH KONSELING INDIVIDU TERHADAP POTENSI DIRI ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH INKLUSI

Wiwiek Zainar Sri Utami (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Konseling individu merupakan salah satu pemberian bantuan psikis secara perseorangan. Sasarannya pada siswa tunarungu yang memiliki keterbatasan serta mengakibatkan penurunan prestasi. Pengaruh konseling dan peningkatan perlakuan konseling pada siswa tunarungu dapat meningkatkan potensi diri. Peneliti menemukan adanya pengaruh dari kasus dan permasalahan yang di alami dari siswa tunarungu pada kelas X dan Xl di sekolah inklusi SMKN 5 Mataram. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui apakah ada pengaruh konseling individu terhadap potensi diri anak tunarungu disekolah SMKN 5 Mataram. Penggunaa metode ini adalah metode kualitatif dengan Pre-experiental design (nondesign) atau eksperimen tidak murni, desain eksperimen One group Pretest–Posttest design, cara pengambilan sampel dengan teknik porpusive sampling dan di temukan 30 siswa, kemudian di tetapkan 7 siswa menggunakan hasil pre-test, setelahnya dilakukan treatment, pengumpulan data dengan metode angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan tabel t-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yaitu: (t hitung4.321 > t tabel2.447)Kata Kunci: Konseling Individu, Potensi diri, dan Tunarungu

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...