MetaBio : Jurnal Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2021): April 2021

ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN QUASI EKSPERIMEN DESIGN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 1 JORLANG HATARAN: ANALYSIS OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL USING QUASI DESIGN EXPERIMENT ON THE HIGH SCHOOL STUDENTS' SCIENCE LEARNING OUTCOMES STATE 1 JORLANG HATARAN

Ika Rosenta Purba (Universitas Simalungun)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) atau dapat diartikan sebagai pembelajaran berbasis masalah sangat perlu diterapkan di kelas-kelas pada mata pelajaran IPA di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), mengingat model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, dapat menanamkan nilai-nilai karakter pribadi dan sosial, terutama prestasi belajar melalui peningkatan hasil belajar siswa. Terbukti dalam penelitian ini model PBL menunjukkan nilai rata-rata post tes yang tinggi (8,04) di banding kelas kontrol yang tidak menerapkan model PBL (6,87), dimana ada perbedaan nilai sebesar 1,17.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

metabio

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Ilmiah Metabio merupakan jurnal publikasi yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal ini akan memuat hasil-hasil penelitian ilmiah pada berbagai bidang ilmu Biologi dan Pembelajaran Biologi diantaranya Ekologi, Anatomi, IPA, Metode ...