MetaBio : Jurnal Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober 2021

PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM PENGGUNAAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SELAMA DARING: THE EFFECT OF STUDENT'S PERCEPTION IN USING WHATSAPP AS A LEARNING MEDIA ON SCIENCE LEARNING MOTIVATION WHILE ONLINE

Muhammad Komarul Huda (Universitas Simalungun)
Joni Wilson Sitopu (Universitas Simalungun)
Junita (Universitas Simalungun)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa dalam penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar IPA selama daring di SMP Negeri 10 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 231, dalam menentukan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling dan terdapat 58 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, linearitas, homogenitas dan uji hipotesis yaitu koefisien korelasi, uji t, koefisien determinasi dan uji regresi linier. Dari hasil penelitian uji normalitas diperoleh nilai signifikasi 0,946 > 0,05, hasil uji linearitas diperoleh nilai signifikasi 0,805 > 0,05, hasil uji homogenitas diperoleh nilai 0,284 > 0,05, hasil uji koefisien korelasi diperoleh nilai 0,229 yang berarti tingkat korelasi antara pengaruh persepsi siswa dalam penggunaan WhatsApp terhadap motivasi belajar IPA rendah, hasil uji koefisien determinasi diperoleh 0,35 menunjukkan adanya pengaruh persepsi siswa dalam penggunaan WhatsApp terhadap motivasi belajar IPA dengan tingkat persentase sebesar 3,5 % dan hasil uji regresi linier menunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,084 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variebel x berpengaruh terhadap variabel y. Berdasarkan dari nilai t diketahui nilai thitung sebesar 81,163 > ttabe1 1,67252 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel x berpengaruh terhadap variabel y. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pengaruh persepsi siswa dalam penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa selama daring memiliki pengaruh rendah yaitu sebesar 3,4%

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

metabio

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Ilmiah Metabio merupakan jurnal publikasi yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal ini akan memuat hasil-hasil penelitian ilmiah pada berbagai bidang ilmu Biologi dan Pembelajaran Biologi diantaranya Ekologi, Anatomi, IPA, Metode ...