Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT]
Vol 3, No 1 (2022): JURNAL JMP-DMT

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Software Powtoon

Ayu Dwi Nanda (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Ismail Hanif Batubara (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Budi Kurniawan Hutasuhut (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran matematika pada materi geometri sisi datar berdasarkan video animasi pada bahan bangunan ruang sisi datar; 2) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran matematika pada materi side-building berbasis video animasi yang dibantu oleh software Powtoon, 3) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran matematika matematika pada bahan bangunan side-space berdasarkan video animasi yang dibantu oleh software Powtoon. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R & D) menurut Borg dan Gall. Subjek penelitian yang terlibat adalah satu ahli media, satu ahli materi, guru bidang studi matematika, dan siswa kelas tujuh di MTs Al-Washliyah Tebing Tinggi. Para ahli memberikan penilaian kelayakan produk yang dikembangkan oleh peneliti, sementara siswa dan guru menanggapi tentang daya tarik produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah 1) Produk yang dihasilkan dikategorikan sangat layakberdasarkan validasi dari materi expert dengan presentasi 92% dan media para ahli dengan presentasi 82%. 2) Powtoon sangat menarik untuk digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan penilaian guru mendapatkan presentasi sebesar 81%,dan respon mahasiswa terhadap uji coba lapangan mendapatkan persentase sebesar 89%.ABSTRACTThis research aims to; 1) Knowing the feasibility of learning mathematics media on flat-sided geometry material based on animated videos on flat-sided space-building materials; 2) Knowing students' responses to the use of mathematics learning media in side-building materials based on animated videos assisted by Powtoon software, 3) Knowing students' responses to the use of mathematical mathematics learning media in side-space building materials based on animated videos assisted by Powtoon software. This study uses the Research and Development (R & D) researchmethod according to Borg and Gall. The research subjects involved were one media expert, one material expert, a teacher in the field of mathematics studies, and seventh grade students at MTs Al-Washliyah Tebing Tinggi. The experts gave an assessment of the feasibility of the product developed by the researcher, while the students and teachers responded about the attractiveness of the product developed. The results of this study are 1) The product produced is categorized as very feasible based on validation from material experts with a presentation of 92% and media experts with a presentation of 82%. 2) Powtoon is very interesting to be used as teaching material based on the teacher's assessment getting a presentation of 81%, and student responses to field trials getting a percentage of 89%.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMP-DMT

Publisher

Subject

Education Other

Description

he University of Muhammadiyah Sumatera Utara publishes Jurnal Menajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMD-DMT) on January, April, July and October (4 Issue/Year). The Journal using Double-Blind Review Process. Journal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT) is also accept ...