Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 1 No. 04 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi November 2021

Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Direct Instruction, dan Student Centered Learning di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Selama Masa Pandemi

Thomas Andre Setiawan (Universitas Kristen Satya Wacana)
Laksmi Murti Harsih (Universitas Kristen Satya Wacana)
Ummi Kultsum (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2021

Abstract

Artikel ini merupakan analisis terhadap penerapan model pembelajaran PBL di SDN Tingkir Tengah 2, Direct Instruction di SDN Kebondowo 1, dan Student Centered Learning di SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang. Analisis yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui latar belakang pembuatan dan penerapan model pembelajaran dalam pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah 1 orang guru kelas 3 SDN Tingkir Tengah 2, 1 orang guru kelas 2 SDN Kebondowo 1, 1 orang guru kelas 5 SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang. Hasil analisis yang diperoleh berdasarkan wawancara yang dilakukan adalah penerapan model pembelajaran PBL, Direct Instruction, Student Centered Learning tingkat efektifitasnya tergolong baik ketika diterapkan dalam pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...