Penelitian tentang kepribadian ekstrovert dan introvert menyatakan bahwa banyak penelitian psikologi telah mencapai kesimpulan yang salah karena tidak menghiraukan faktor-faktor kepribadian sebagai contoh penelitian dalam pendidikan membandingkan efektivitas dari pembelajaran aktif (discovery learning) dan pembelajaran tradisional yang bersifat reseptif, yang sering menghasilkan antara perbedaan yang saling bertentangan atau tidak ada perbedaan sama sekali. Pada anak yang dididik oleh orang tuanya dengan pola asuh otoriter cenderung membentuk kepribadian introvert pada anak. Pada anak yang dididik oleh orang tuanya dengan pola asuh permisif cenderung membentuk kepribadian ekstrovert pada anak. Sedangkan Pada anak yang dididik oleh orang tuanya dengan pola asuh demokratis dapat membentuk kepribadian yang seimbang antara kepribadian ekstrovert dan introvert pada anak. Terlepas tipe kepribadian ekstrovert dan introvert tidak akan mempengaruhienilaian dan penerimaan masyarakat terhadap diri seorang anak.
Copyrights © 2021