Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 2 No. 01 (2022): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Februari 2022

Hubungan Hasil Belajar Matematika Dengan Hasil Belajar Faraidh Dalam Pembelajaran Fiqih Mawaris

Askhabul Kahfi (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Enung Hayati (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Eksistensi ilmu faraidh semakin berkurang dengan minimnya pengamalan hukum faraidh dalam penyelesaian warisan. Hal ini disebabkan karena kurangnya edukasi dan perhatian tentang ilmu faraidh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara hasil belajar matematika dengan hasil belajar materi faraidh, serta bagaimana hubungan hasil belajar matematika dengan hasil belajar materi faraidh dalam pembelajaran fiqih mawaris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, korelasi dan regresi. Adapun subjek penelitian adalah santri kelas XII Pesantren Mandiri Kumala Lestari. Data penelitian termasuk data sekunder yang diperoleh dari nilai akhir semester. Hasil output memperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,001 lebih kecil dari 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Perolehan koefisien korelasi 0,588 dengan interpretasi sedang dan searah. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sedang dan searah antara hasil belajar matematika dan hasil belajar faraidh, semakin meningkatnya hasil belajar matematika maka akan memperkuat hasil belajar faraidh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...