Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bidang yang mandapatkan pengaruh dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah bidang pendidikan. Smartphone memiliki potensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran. Android menjadi sistem operasi smartphone terbesar di dunia yang memiliki berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan mobile learning berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Materi yang digunakan dalam mobile learning ini adalah materi sistem pembumian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik quasi experiment berbentuk pre-test and post-test group dan bertempat di SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung. Objek penelitian yaitu kelas XI-TIPTL sebanyak 37 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar aspek kognitif sebelum dan sesudah menggunakan mobile learning mengalami peningkatan dengan kriteria sedang. Pada ranah afektif, penilaian sikap dilihat dari prosedur pembelajaran menggunakan mobile learning didapatkan hasil capaian ranah afektif dengan kategori sangat baik. Pada ranah psikomotorik dilihat dari penilaian praktikum pemasangan sistem pebumian yang telah didukung menggunakan mobile learning dan jobsheet praktikum didapatkan hasil capaian ranah psikomotorik dengan kategori A. Berdasarkan hasil uji angket didapatkan hasil bahwa secara keseluruhan pembelajaran dengan menggunakan mobile learning dapat diterima secara baik.
Copyrights © 2022