Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 2 No. 01 (2022): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Februari 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Literasi Sains Siswa di MTsN 1 Bengkulu Selatan

M. Arifky Pratama (MTsN 1 Bengkulu Selatan)
Razi Zilhakim (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis Blended Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA.  Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen semu desain penelitian None quivalent (Pretest and Posttest) Control-Group Design.  Objek penelitian siswa kelas IX MTsN 1 Bengkulu Selatan.  Metode pengumpulan data yang digunakan tes literasi sains. Data literasi sain siswa dianalisis menggunakan uji ANCOVA.  Rata-rata posttest literasi sains siswa  kelas model PBL berbasis Blended Learning menunjukkan termasuk kategori literasi sains tinggi. PBL berbasis Blended Learning berpengaruh terhadap literasi sains siswa.  Berdasarkan uji hipotesis model pembelajaran terhadap nilai posttest literasi sains siswa didapatkan nilai sig 0,00 < 0,05. N gain skor menunjukkan model PBL berbasis Blended Learning efektif  dalam meningkatkan literasi sains siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...