Dalam proses pembelajaran Matematika, seringkali siswa kurang memahami materi yang diberikan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal, oleh karena itu guru harus memiliki strategi yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture terhadap Pemahaman siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Payaman. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Payaman dengan jumlah populasi 78 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan sampel 39 siswa yang diambil dari kelas IV-A sebagai kelas control. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh thitung = 5,62 dan nilai ttabel dengan dk = 76 dan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 2,3337. Karena thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) atau dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa kelas empat MI Muhammadiyah 1 Payaman.
Copyrights © 2022