Selama wabah pandemi Covid-19, para pendidik diharuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Selama pembelajaran jarak jauh dilakukan terdapat beberapa kendala, salah satunya adalah kegiatan praktikum yang seharusnya dilakukan di laboratorium. Kegiatan praktikum dapat dilakukan secara daring melalui laboratorium virtual sehingga siswa tetap dapat melakukan praktikum melalui pembelajaran jarak jauh. Adapun laboratorium virtual yang digunakan harus yang mudah dipahami dan digunakan oleh pendidik dan siswa, salah satunya adalah Crocodile Physics 605. Oleh karena itu, dibutuhkan pelatihan penggunaan laboratorium virtual Crocodile Physics 605 untuk para pendidik. Adapun tujuan dari pelatihan ini untuk mensosialisasikan laboratorium virtual dengan menggunakan Crocodile Physics 605, dan mengukur tingkat pemahaman peserta dalam menggunakan Laboratorium Virtual Crocodile Physics 605 dalam pembelajaran. Sasaran dari pelatihan ini merupakan guru- guru tim MGMP fisika SMA Kabupaten Karawang. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan metode diskusi dan tanya jawab yang dilakukan daring. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi di tiap akhir pelatihan. Hasil akhir pada pelatihan ini menunjukkan bahwa guru MGMP fisika SMA Kabupaten Karawang dapat melakukan pembelajaran dengan menggunakan Laboratorium Virtual Crocodile Physics 605, hal tersebut dibuktikan melalui simulasi praktikum yang dibuat oleh para peserta. Selain itu, para peserta dapat memahami laboratorium virtual Crocodile Physics 605 dengan tingkat pemahaman mencapai 89,3%.
Copyrights © 2022