Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 2 (2021): Jurrnal Surya Bahtera

ANALISIS MASKULINITAS TOKOH UTAMA DALAM NASKAH DRAMA MALAM JAHANAM KARYA MOTINGGO BOESJE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Dino Budiyanto (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Kadaryati Kadaryati (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Joko Purwanto (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2022

Abstract

ABSTRAK:   Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) maskulinitas; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran naskah drama Malam Jahanam karya Motinggo Boesje di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian berupa ciri kapribadian maskulinitas tokoh Mat Kontan dalam naskah drama Malam Jahanam karya Motinggo Boesje. Teknik pengumpulan data berupa teknik pustaka dan teknik catat. Sumber data penelitian ini adalah naskah drama Malam Jahanam karya Motinggo Boesje. Teknik analisis data berupa analisis isi.Berdasarkan penelitian, dapat diperoleh bahwa: (1) tidak terdapat unsur intrinsik naskah drama Malam Jahanam karya Motinggo Boesje mencakup enam unsur, yaitu (a) tema: pada bagian yang terdapat tema walikota yang berisikan lika-liku kehidupan rumah tangga dan tema minor yang berisikan masalah perselingkuhan, kesombongan dan masalah penyesalan; (b) alur: alur maju; (c) tokoh dan perwatakan: tokoh protagonis: Mat Kontan memiliki watak sombong, penakut, emosional, sok tahu dan tokoh Paijah memiliki watak pencemas dan tidak setia; tokoh antagonis: soleman memiliki watak penakut, pembual, perhatian kepada paijah dan tokoh utai memiliki watak penurut dan jahil; tokoh triagonis: tukang pijat memiliki watak selalu ingin tahu sesuatu permasalahan;(d) digolongkan menjadi tiga, latar tempat: di pekarangan rumah dan di dalam rumah; latar waktu: malam hari; latar suasana: sunyi, menakutkan, sedih, dan tegang (menegangkan); (e) dialog : Dialog pada naskah dramaMalam Jahanamberisikan dialog-dialog yang menggambarkan sifat para tokoh, menampilkan hingga alur, menciptakan konflik antartokoh, fakta yang dibutuhkan untuk membangun drama maupun interaksi antartokoh, serta sebagai penghubung antara satu adegan dengan adegan lain; (f) amanat: kita harus orang yang jujur karena apabila kita berbohong dapat merugikan diri sendiri dan janganlah kita menyembunyikannya karena cepat atau lambat itu akan terbongkar juga; (2) maskulinitas: tokoh Mat Kontan memiliki Sembilan ciri kepribadian maskulinitas yaitu: (a) memiliki prinsip kuat (b) perhatian kepada keluarga (c) percaya diri, (d) tidak putus asa, (e) memiliki bini atau istri (e) temperamen, (f) realistis, (g) tegas, dan (h) tegas;cooperative learningKata kunci: maskulinitas, naskah drama dan rencana pembelajaranABSTRACT: The purpose of this research  is to describe: (1) intrinsic elements; (2) masculinity; (3) the implementation plan for learning the content of the play script Malam Jahanam by Motinggo Boesje in class XI SMA. This research is a qualitative descriptive research. The object of the research is the masculinity of Mat Kontan's character in the drama script Malam Jahanam by Motinggo Boesje. Data collection techniques are library techniques and note-taking techniques. The data source of this research is the script of the drama Malam Jahanam by Motinggo Boesje. The data analysis technique is in the form of content analysis. Based on the results of the research, it can be concluded that: (1) the intrinsic elements of the drama script Malam Jahanam by Motinggo Boesje include six elements, namely (a) the theme: in the theme section there is a major theme which contains the twists and turns of domestic life and a minor theme which contains infidelity problems, pride problems and regret problems; (b) plot: forward plot; (c) characters and characterization: protagonist: Mat Kontan is an arrogant, timid, emotional, knowing character and Paijah's character has an anxious and disloyal character; antagonist character: soleman has a cowardly character, boasts, cares for paijah and the character utai has an obedient and ignorant character; triagonist character: masseurs have the character of always wanting to know something about a problem; (d) the setting is classified into three, the setting of the place: in the yard of the house and inside the house; time setting: night; setting: silent, scary, sad, and tense (stressing); (e) dialogue: Dialogue in the drama script Malam Jahanam contains dialogues that describe the character's traits, displays and enriches the plot, creates conflict between characters, presents facts needed to build drama and interactions between characters, and acts as a liaison between one scene and another. ; (f) message: we must be honest people because if we lie it can harm ourselves and others and we must not hide the lie because sooner or later the lie will be exposed too; (2) masculinity: Mat Kontan's character has nine personality traits of masculinity, namely: (a) having strong principles (b) caring for family (c) self-confidence, (d) not giving up. (e) have a wife or wife (e) temperament, (f) realistic, (g) ambitious, and (h) assertive; (3) the implementation plan of learning the script for the drama Malam Jahanam by Motinggo Boesje using the cooperative learning methodKata kunci : maskulinitas, naskah drama dan RPP

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo ...