Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 37, No 1 (2020): April 2020

PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR di MINU KH. MUKMIN SIDOARJO

Febiyanto, Fahmita Ramadhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2020

Abstract

Abstrak:Membaca ialah suatu hal mendasar yang wajib dikuasai sebagai dasar pemahaman dalam ranah dunia pendidikan, sebab membaca sebagai jembatan jendela wawasan dunia. Setiap hari tiada hari tanpa membaca, dari membaca hal yang bersifat sederhana hingga bacaan yang berat dan kompleks. Untuk kegiatan membaca, usia anak-anak adalah masa optimal dan dianggap telah fasih dalam hal membaca. Disayangkan sekali dalam tahap ini kenyataan yang ada berbanding terbalik dengan opini yang beredar dimasyarat. Bahkan sering kita jumpai anak yang duduk di bangku sekolah dasar masih terkendala dalam kategori membaca. kendala yang sering dialami adalah kesulitan membaca, terbata bata saat membaca, hingga sulit untuk membaca dan melafalkan kalimat. Hal tersebut tentu membuat miris karena pada realitanya masih banyak terjadi perbedaan yang cukup signifikan atas harapan dan pencapaian tidaklah sama dan kurang sesuai. Oleh karena itu, tujuan dilaksanakannya penelitian mengenai permasalahan anak dalam hal membaca jenjang sekolah dasar mampu menajdi perhatian banyak pihak, terutama orang tua wali yang mengeluhkan hal tersebut. bahwa putra maupun putri mereka terkendala yang berimbas pada hasil belajar dan perkembangan pada diri mereka. Pelaksanaan penelitian harus segera diprises dan ditindak lanjuti untuk mengetahui apa penyebab dan faktor apa saja yang mampu menjadi penghambat proses belajar membaca pada anak. Penelitia dilaksanakan dengan menerapkan metode secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan secara fenomenologi. Dimana peneliti akan menguak apa yang sebenarnya terjadi berdasarkan fenomena yang nampak maupun tidak nampak, juga untuk menemukan solusi terbaik guna mengatasi problematika yang ada. Problematika kesulitan belajar membaca yang tengah dialami oleh peserta didik mampu dikarenakan permasalahan yang timbul dari dalam dan luar diri anak, juga berkaitan dengan psikologi anak. perlu diketahui dan diperhatikan secara baik bahwa membaca ialah inti yang mendasar dalam dunia pendidikan yang harus diamalkan setiap harinya demi kehidupan yang lebih cerah dimasa mendatang. Kata Kunci : Problematika, Kesulitan Membaca

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues ...