JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
Vol. 7 No. 2 (2020): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI DALAM MEMBENTUK GENERASI Z BERKARAKTER MENUJU ERA SOCIETY 5.0

Wahyuningrum, Rani Tri (Unknown)
Azizah, Primanisa Inayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2022

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalam upaya menanamkan pendidikan karakter bangsa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kajian literatur dengan mencari referensi teori yang relevan dengan permasalahan yang ditemukan. Jenis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari studi literatur. Studi literatur adalah cara yang dipakai untuk menghimpun data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik yang diangkat dalam suatu penelitian. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, optimalisasi peran guru dalam pendidikan karakter di masa pandemi dalam membentuk generasi Z berkarakter yaitu melalui: (1) Kerjasama antara guru dan orang tua, (2) Penanaman nilai-nilai karakter pada setiap aktivitas pembelajaran, dan (3) pembinaan karakter secara daring  dan terus menerus. Pembelajaran daring yang menarik, menyenangkan, berbobot dan bermakna dapat menumbuhkan karakter pelajar Pancasila.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsindo

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JIPSINDO, an academic journal that centered in social studies i.e social education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), moral education, and multicultural education. We are interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of ...