Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 3 No. 1 (2022): Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Google Formulir Sebagai Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19

Annisa Nurhaliza (Universitas Djuanda)
Desky Halim Sudjani (Universitas Djuanda)
Novi Maryani (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Pandemi Covid-19 mengalihkan kegiatan belajar dan mengajar yang semula dilaksanakan di dalam kelas dengan bertatapan secara langsung menjadi pembelajaran dengan bantuan sistem jaringan yang terintegrasi dengan teknologi dan dilaksanakan di rumah. Seiring dengan pelaksanaan pembelajaran secara virtual ini, pemerintah dan sekolah tetap berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Salah satu alternatif dalam proses evaluasi pembelajaran adalah dengan bantuan media evaluasi pembelajaran Google Formulir yang merupakan fitur gratis dari Google Docs dan mudah dikases oleh semua kalangan. Objek penelitian bertempat di MAN 2 Cianjur dengan populasi kelas XI berjumlah 165 peserta didik, pengambilan sampel adalah 50% dari jumlah peserta didik yaitu 83 peserta didik sebagai fokus penelitian. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi fungsional yang bertujuan mencari pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat, sedangkan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa Google Formulir memiliki pengaruh sebesar 4.7% terhadap hasil belajar dan data hasil observasi menunjukan ketertarikan responden terhadap Google Formulir yaitu Kemampuan mengoperasikan/ menggunakan media 67.8%, Suka dengan penggunaan Google Formulir 58.6%, efisiensi waktu 58.6%, mudah dimengerti 48.3%, mudah diakses 60.9%, dan menghemat penggunaan kertas 58.6%. Adapun hasil analisis uji hipotesis menunjukan nilai 2,001>1,989 yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel media evaluasi pembelajaran Google Formulir dengan hasil belajar bahasa Arab peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tatsqifiy

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Tatsqify: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab is a peer-reviewed journal on Arabic education. This journal is published by Djuanda University Bogor. Editors welcome scholars, researchers and practitioners of Arabic Education around the world to submit scholarly articles to be published through this ...