Wahana Didaktika
Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

Keefektifan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film “Dua Garis Biru” Siswa

Adelya Dwi Qurniasih (Universitas PGRI Palembang)
Dessy Wardiah (Universitas PGRI Palembang)
Yessi Fitriani (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

AbstrakPenelitian ini mempunyai misi membuktikan apakah model pembelajaran Discovery Learning adalah model pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia teks ulasan. Jenis pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes berupa kegiatan  menulis teks ulasan tentang film “Dua Garis Biru” diawal dan diakhir proses penelitian. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, analisis deskriptif, uji hipotesis, dan uji -(t). Hasil nilai signifikasi uji normalitas 0,000 <0,005 dengan std.Error Mean kelas eksperimen lebih dari std.Error Mean kelas kontrol. Kemudian untuk uji homogenitas hasil menunjukkan nilai sig< 0,05 sehingga data homogen. Kemudian untuk uji -t nilai sig yakni 0,000. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat peningkatan nilai hasil belajar setelah menggunakan model Discovery Learning. maka H1 yang diterima artinya model pembelajaran Discovery Learning memberikan perbedaan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol.  Kata Kunci : Discovery Learning, Teks Ulasan, Kemampuan Berpikir Kritis 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...