Berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas X SMAN 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar, hal yang menjadi hambatan dalam pembelajaran PPKn yaitu Minat dan hasil Belajar Siswa masih dapat dikatakan belum cukup baik. Hal ini disebabkan antusias siswa dalam belajar rendah, ketika siswa memasuki ruangan kelas dan dimulai dengan belajar PPKn siswa kurang bersemangat untuk mengikuti pembelajaran PPKn, sehingga siswa cenderung tidak aktif dan tidak merasa menjadi bagian dari kelas. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajarannya belum mengunakan metode yang menarik dan bervariasi sehingga menyebabkan keaktifan belajar siswa menjadi rendah. Rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan minat belajar yang rendah bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Minat dan hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn dengan Metode debat Kelas X SMAN 1 Campalagian. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam PTK ini terdapat 2 siklus yang mana pada setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan, dan setiap pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas X dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa, lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian berupa, data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa minat belajar siswa telah mengalami peningkatan dari 66,54% pada siklus I dan siklus II 83,39% sehingga terjadi peningkatan 16,85% maka dikategorikan sangat kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan metode debat dapat Meningkatkan Minat dan hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMAN 1 Campalagian.
Copyrights © 2021