Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 3, No 2 (2021): Peqguruang, Volume 3, No.2, Nopember 2021

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KARAKTER TOKOH MELALUI MODEL DRAMATIC LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. DDI KANANG

Rabiah, Rabiah (Unknown)
Asis, Sulihin (Unknown)
Nasir, Aco (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilakukan di dalam kelas. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII.1I, sampel pada penelitian ini sebanyak satu kelas yang terdiri dari 23 siswa. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis Analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) penerapan model dramatic learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Peningkatan tersebut dapat dilihat antara siklus pertama dengan siklus kedua pembelajaran yang telah dilakukan, (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran menentukan karakter tokoh menggunakan model dramatic learning. Peningkatan hasil belajar tersebut adalah sebesar 29.69% peningkatan tersebut diperoleh dari hasil pencapaian evaluasi dari siklus pertama ke siklus kedua peningkatan keaktifan belajar siswa mencapai 35.7% yang diperoleh dari setiap pembelajaran pada masing-masing siklus. 

Copyrights © 2021