Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 3 (2021): Oktober

Perubahan Tingkah Laku Anak Sekolah Dasar Akibat Game Online

Santi, Richa Julia (Unknown)
Setiawan, Deka (Unknown)
Pratiwi, Ika Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Game online merupakan salah satu bentuk kemajuan perkembangan teknologi. Hanya saja pada perkembangannya, bermain game memberikan berbagai dampak pada perkembangan tingkah laku siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui perubahan tingkah laku anak sekolah dasar akibat game online. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 6 orang tua siswa, 6 orang siswa sekolah dasar, serta 1 orang guru. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dijabarkan secara terperinci dan mengaitkan dengan hasil penelitian terdahulu. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan siswa dalam bermain game online cenderung disebabkan oleh kurangnya perhatian orang tua. Siswa yang memiliki kecanduan bermain game online menunjukkan berbagai perubahan tingkah laku, misalnya anak akan menjadi lebih emosional, tidak mampu mematuhi tata tertib yang diberikan oleh orang tua, anak menjadi kurang sopan dalam berbicara karena terlalu terbiasa berbicara kasar di dalam game online. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa yang kecanduan bermain game online cenderung menunjukkan perubahan tingkah laku ke arah negatif, khususnya dalam perubahan sikap sosial dan emosional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...