Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 3 (2021): Oktober

Peningkatan Kepuasan Mahasiswa dalam Pembelajaran E-Learning melalui Task Technologi Fit dan Kualitas Informasi

Kasmawati, Yuni (Unknown)
Kuncoro, Aris Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

Pandemi Covid 19 di awal tahun 2020 menyebabkan perubahan metode pembelajaran tatap muka menjadi metode pembelajaran berbasis online. E-learning merupakan salah satu metode pembelajaran berbasis olline yang akhirnya menjadi kebutuhan dan tumpuan saat pandemi. Penggunaan teknologi yang tepat akan mendukung proses pembelajaran. Untuk itu, teknologi harus dapat dimanfaatkan dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga mampu mendukung tugas. Kualitas informasi yang up-to-date, akurat, relevan, dan tepat diperlukan guna mendukung proses pembelajaran, sehingga keduanya dapat memberi dampak positif bagi pengguna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Task Technology Fit (TTF) dan kualitas informasi terhadap kepuasan mahasiswa. Penelian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melibatkan 198 sampel mahasiswa. Metode analisis menggunakan Structural Equation Modeling dengan pendekatan Partial least square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa TTF berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Dengan demikian perlu diperhatikan faktor pendorong kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran e-learning dari sisi Task Technologi Fit dan kualitas informasi, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...