JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)
Vol 4, No 1 (2018): JURNAL EDUKASI DAN SAINS MATEMATIKA

PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN TEKNIK METAKOGNITIF

Runisah Runisah (Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pencapaian dan peningkatan kemandirian belajar siswa dalam matematika sebagai dampak penggunaan model Learning Cycle 5E dengan Teknik Metakognitif (LCT), Learning Cycle 5E (LC), dan pembelajaran Konvensional (KV). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP di  Indramayu, Indonesia. Sampel berjumlah 173 siswa kelas VIII  yang mewakili satu sekolah level tinggi dan satu sekolah level sedang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Instrumen yang digunakan berupa skala kemandirian belajar siswa dan lembar observasi.  Dari hasil penelitian disimpulkan: 1) Berdasarkan keseluruhan siswa, tidak terdapat perbedaan pencapaian dan peningkatan kemandirian belajar antara kelompok LCT dan LC, namun pencapaian dan peningkatan kemandirian belajar kelompok LCT dan LC lebih baik dari kelompok KV; 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran (LCT, LC, dan KV) dan level sekolah (tinggi, sedang) terhadap peningkatan kemandirian belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JESMath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT) (p-ISSN: 2460-8904, e-ISSN: 2621-4202), is an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is designed ...