JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN RESPONS SISWA PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Lukky Fadillah (Universitas Negeri Semarang, Semarang)
Toto Subroto (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Ena Suhena Praja (Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbasis etnomatematika dengan pembelajaran konvensional, dan respons siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berbasis etnomatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pola desain Non Equivalent Control Group Design dan teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Kuningan Jawa Barat tahun ajaran 2016/2017 sebanyak lima kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas VIII yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang masing-masing sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning berbasis etnomatematika dengan pembelajaran konvensional setelah diberi perlakuan dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning berbasis etnomatematika mendapatkan respons yang positif dari siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JESMath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT) (p-ISSN: 2460-8904, e-ISSN: 2621-4202), is an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is designed ...