Penelitian tindakan kelas ini mempunyai tujuan untuk mengetahui seberapa besar Metode Kooperatife tipe Example dan Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Interaksi Negara-Negara Asean. Tujuan ke dua Kedua adalah untuk mendapatkan bukti-bukti bahwa metode pembelajaran Example dan NonExample dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Interaksi Negara-Negara Asean. Berdasarkan pertanyaan penelitian dalam penelitian ini diantaranya pertama apakah Metode Kooperatife tipe Example dan Non Example dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Interaksi Negara-Negara Asean. Penelitian ini menggunakan empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan Tindakan, pengamatan dan refleksi dan dilaksanakan pada 2 siklus. Pada pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran Example non example pada mata pelajaran IPS dari siklus I sampai siklus II telah mengalami peningkatan. Peningkatan ini dilihat dari hasil observasi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran yang meliputi aktivitas guru dan keaktifan siswa. Kata Kunci: Metode Example Non example, Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar
Copyrights © 2021