Jurnal Nasional Holistic Science
Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Nasional Holistic Science

Intervensi Kelompok Dengan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Rahma Mulyani, Rila (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2022

Abstract

Motivasi belajar sangat penting untuk mencapai hasil belajar yang baik. Namun banyak peserta didik yang mengalami masalah dalam belajar akibat kurangnya motivasi. Peserta didik yang mengikuti intervensi adalah peserta didik kelas VI SD yang memiliki motivasi belajar rendah yang berjumlah 7 orang (4 perempuan dan 3 laki-laki). Intervensi yang diberikan berupa game karena bermain merupakan proses pembelajaran yang merlibatkan pikiran, kemahiran sosial dan fisik sehingga anak menjadi senang ketika belajar. Intervensi dilaksanakan melalui tiga sesi. Sesi pertama yaitu menyampaikan kontrak kegiatan kepada peserta, sesi kedua diberikan beberapa permaian yang terdiri dari permainan segitiga, kotak, dan lingkaran, johari windows, dan number game. Selanjutnya pada sesi yang ketiga yaitu psikoedukasi guru yaitu menyampaikan kepada guru mengenai keluhan dan permasalahan peserta didik terkait dengan metode belajar selama ini dan mengajak guru untuk terus memotivasi peserta didik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

HS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Ilmu Holistik yang diterbitkan oleh Lembaga Riset Mutiara Akbar, Medan, Indonesia merupakan jurnal akses terbuka yang dapat digunakan sebagai media interaksi bagi seluruh cendikiawan di berbagai bidang pendidikan, ilmu sosial dan penelitian. Pokok bahasannya meliputi studi tekstual dan kerja ...